Waktu :: Telp 62 8000 xxx Email [email protected]
Info Sekolah
Senin, 16 Sep 2024
  • SMADU MAJU (Mantap dan Juara), CIBITUNG (Ciptakan Bibit Unggul). Visi : Terwujudnya Insan Unggul Berkarakter Berlandaskan Iman dan Taqwa.

Pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) Mono Kalium Phospat (MKP) Organik Dari Bahan Limbah kulit Pisang Kepok Di Kp. Siluman Rt 03 / 04 Desa Mangunjaya Kecamatan Tambun Selatan

Selasa, 20 Agustus 2024 Oleh : Devri Yogaswara

Dalam dunia pertanian khususnya bercocok tanam atau budidaya tanaman, masyarakat atau petani yang merupakan sebagai pelaku budidaya tanaman penggunaan bahan kimia atau anorganik masih menjadi pilihan utama sebagai bahan nutrisi untuk tanamannya. Adapun nutrisi yang dimaksud dapat diperoleh tanaman dari alam melalui unsur – unsur hara yang ada di dalam tanah, selain itu pula bisa didapat dari bahan atau unsur yang sengaja dibuat baik itu berasal dari bahan anorganik atau organik yang dikemas dan dikenal dengan nama pupuk. Seperti yang diutarakan diawal, penggunaan pupuk dengan bahan kimia masih menjadi pilihan utama bagi penggiat budidaya tanaman.

Pupuk organik cair (POC) bisa dibuat melalui proses pengomposan. Terdapat dua macam tipe pupuk organik cair yang dibuat melalui proses pengomposan, pertama adalah pupuk organik cair yang dibuat dengan cara melarutkan pupuk organik yang telah jadi atau setengah jadi ke dalam air, kedua pupuk organik cair yang dibuat dari bahan-bahan organik yang difermentasikan dalam kondisi anaerob dengan bantuan organisme hidup. Bahan baku POC bisa berasal dari berbagai macam bahan organik yang tersedia di sekitar seperti dari sampah rumah tangga (sisa bahan sayuran), sampah pasar tradisional (sayuran, buah – buahan) dan lain – lain.

Salah satu contoh bahan organik yang selama ini menjadi limbah adalah kulit pisang. Pisang adalah jenis tanaman yang banyak terdapat di Indonesia, pisang kepok biasa dikonsumsi oleh masyarakat bagian daging buahnya yang diolah sebagai gorengan sedangkan bagian kulitnya dibuang begitu saja. download file

Tulisan Lainnya

Oleh : Ahmad Zaenal Mutaqin, M.Pd.

IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar

 

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

TENTANG KAMI

SMA Negeri 2 Cibitung

NSPN : 69965414
Kp,sasakbakar,Desa,Kec.Kab Kertamukti Cibitung, Bekasi, Kertamukti, Kec. Cibitung
EMAIL [email protected]

Video Terbaru